Selflove? Kalian udah lakuin itu belum?

 halo semuanya! jujur sebenernya gue bingung mau nulis apa tapi gue pengen blog gue tetep hidup gitu lohh wkwk walaupun gaada yang baca tapi gapapa.

btw gue hari ini mau bahas sesuatu yang mungkin udah sering banget dibahas sama banyak orang baik di social media maupun di secara langsung. tapi jujur, gue mau bahas ini karena ini tuh topik yang menarik banget buat gue sendiri yang mungkin masih awam sama hal beginian.

Selflove.

apasih Selflove itu? kalo dari artikel yang sering gue baca, selflove itu sendiri artinya mencintai diri sendiri. apakah kalian sudah mencintai diri sendiri saat ini? pertanyaan itu gue juga lontarkan langsung ke diri gue, hari ini gue udah mencintai diri gue sendiri belum ya?

Selflove itu sendiri sebenernya banyak bentuknya. Dengan beli baju lucu untuk diri sendiri aja itu udah termasuk selflove loh guys, ada juga yang skincarean dan semacamnya, mungkin itu juga masuk ke me-time kali yaaa, tapi the way you treat yourself is the way you appreciated it. 

sebelum mausk ke selflove itu sendiri, gue mau bahasa kebalikannya selflove nih, yaitu insecure. pastiii udah banyak banget dari kalian yang sering bgt denger kata itu, bahkan udah jadi makanan sehari hari kali ya? wkwkw. 

gue sendiri pun masih sering insecure guys? kenapa? hmmmm, kalo boleh cerita dikit, gue sering nge insecure-in badan gue. dari dulu, dari kecil, gue bukan tipe cewe yang pernah ngerasain yang namanya bada kurus, walaupun gabisa dibilang gue gendut juga karena yaaa badan gue sedang-sedang aja sebenernya, hal itu ga pernah jadi masalah pas gue kecil, gue ga pernah mikirin hal itu cuy, gue lebih mikir "jajan apa ya gue hari ini disekolah?" hehehe, sampe akhirnya gue masuk SMA, sebenernya pas SMa itu juga belum bikin gue insecure yang gimana gimana, tapi gue pernah ngerasan "kok gue kayaknya lebih gede ya dibandingkan temen gue yang lainnya?" gue suka ngebandingin bentuk pipi gue yang chubby banget sama temen gue yang tirus, disitulah gue mulai merasa insecure. gue pengen kurus, tapi males buat mulai, karena hal tersebut emang ga terlalu ganggu gue banget sih, gue juga ga terlalu pusing sama hal itu gituloh.

sampe pernah suatu ketika gue pergi buat pulang kampung sama keluarga gue, gue ketemu sama beberapa sanak sodara yang ada disana, gue ketemu uwa gue, tiba-tiba dia bilang "cocok deh kalo gendong anak kecil." gue tau banget maksudnya apaaaa, secara ga langsung dia bilang badan gue tuh gendut kayak ibu-ibu...itu pertama kalinya gue kepikiran sama yang namanya omongan orang akan tubuh gue. gue sedih, tapi gue gatau harus ngapain.

gue sering ga sengaja baca-baca artikel tentang diet dan bentuk tubuh, akhirnya gue tau bahwa banyak banget bentuk tubuh di dunia ini, dan ternyata bentuk tubuh gue itu adalah termasuk kategori tulang besar. gue abru sadar hal itu karena banyak banget kesamaan antara tubuh gue dengan artikel yang ngebahas tulang besar tsb. hal tsb bikin gue jadi nambah ilmu akan tubuh gue sendiri.

mausuk ke kuliah, entah kenapa gue awal kuliah itu jerawatan parah, padahal dari dulu gue gapernah yang namanya jerawatan yang banyak banget, kalaupun ada jerawat itu paling cuma satu dan langsung ilang tanpa gue apa-apain. gue gatau apa yang bikin gue jadi jerawatan begini, tapi gue yakin karena hormon. 

gue selalu pengen nangis setiap liat muka gue dikaca yang geradakan, bahkan orang-orang rumah gue heran kenapa gue bisa begini padahal sebelumnya gue gapernah kayak gitu. gue udah coba berbagai cara biar jerawat gue ilang, gue coba pake cuka apel yang waktu itu lagi booming banget, bukannya memperbaiki wajah gue dia malah memperburuk, langsung timbul jerawat baru, siapa yang ga makin stress? apalagi saat itu awal-awal gue jadi maba!!!! dimana gue harusnya hepi ketemu temen-temen baru dikampus tapi gue malah sering sedih gara-gara muka gue. pas ketemu mereka gue harus siap nutupin jerawat-jerawat itu dnegan concealer huhuhu sedih banget deh.

tapi akhirnya gue sadar, stress jadi salah satu pemicu timbulnya jerawat, mau sesering apapun gue coba, kalo muka gue masih bandel ya jerawat bakal sering muncul. akhirnya dengan begitu gue berusaha buat ikhlas, mungkin lebih ke pasrah kali ya, mungkin emang gue harus jalanin itu dulu saat ini. 

gue jerawatan kira-kira setahunan, bayangin. sampai akhirnya, pas temen gue Modi main kerumah gue, gue liat dia bawa semacam cream dokter gitu, trus gue baru sadar, muka dia sekarang mulusan, gue akhirnya tanya segala macam tentang dokter kecantikan, akhirnya lusa gue bawa uang tabungan gue dan gue minta Modi buat temenin gue ke dokter yang dia datengin. awalnya gue sempet ragu sih, karena banyak banget gonjang ganjing masalah dokter kecantikan ini, ada yang bilang sekalinya lo pake cream dokter, bakalan susah keluar juga, alias lo bakalan ketergantungan. tapi akhirnya gue buang semua pikiran buruk itu, buat gue gaapap deh kalo ketergantungan tapi harganya masih masuk akal, yang penting muka gue mulus dulu.

setelah melakkan konsultasi, geu pake lah semua obat yang dikasih sesuai resepnya, hasilnya emang ga cepet banget, gue mulai pake itu pas bula September 2018 dan jadi berkurang banget jerawatnya pas Januari 2019, kira-kira lima bulanan di gue. yang kata rang kalo pake cream dokter bakalan purging dulu, tapi di gue enggak, alhamduilillah...dan yang paling penting dokter kecantikan yang gue datengin harga nya masih bisa gue afford untuk mahasiswa kayak gue.

semenjak itu gue jadi bisa lebih pede sama diri gue sendiri, walaupun ga mulus amat tapi seengganya muka gue udah ga kayak dulu lagi:"

tapi dari hal tersebut gue sadar sih....

sebenernya bukan omongan orang yang bikin diri gue sendiri ngedown, tapi diri gue sendiri, yaitu gimana caranya biar gue ga mikirin omongan orang tentang gue. karena selama gue jerawatan, hal yang gue takutin justru gapernah terjadi.

yaitu gue pikir cowo-cowo bakalan ngejauhin gue karena muka gue yang jerawatan, ternyata engga. mungkin gue nya aja yang terlalu overthinking, padahal nih yaa menurut gue, orang cantik bakala tetep cantik mau dia jerawatan atau engga, pokoknya dasarnya ya emang semua wanita itu cantik kok.... mau dia gendut, pendek, jerawatan, ga putih, gaada pengecualian buat menjadi wanita seutuhnya.

hal itu yang bikin diri gue pelan-pelan buat menghilangkan pikiran insecure dari dalam diri gue sendiri. Karena yang bisa mencintai diri gue sendiri ya GUE, namanya aja juga udah SELFlove,

lagipula, kata cantik itu dieja ya C-A-N-T-I-K bukan K-U-R-U-S ataupun M-U-L-U-S.

jadi, kalian udah mencintai diri sendiri belum?

Comments

Popular posts from this blog

All About HIMAEP

Yogyakarta, Januari 2019